-
.:: Selamat Datang Di Garuda Putra Blogspot.....Saran Dan Kritik Sobat Sangat Berguna Bagi Kami.....Bagi Yang Ingin Copas Isi Blog Ini Harap Sertakan Juga Sumbernya Terimakasih ::.

Bahaya ACCESS TOKEN Terhadap Akun Facebook Sobat

Apa itu Access Token ?
Access Token merupakan struktur data yang berisi informasi keamanan yang dibutuhkan oleh sebuah proses untuk mengakses objek (dalam hal ini akun Facebook) atau proses lainnya yang membutuhkan otorisasi.


Dari mana Access Token tercipta ?
Seperti yang kita ketahui bersama, Facebook memiliki ribuan bahkan mungkin jutaan apps (aplikasi) untuk memanjakan penggunanya. Dari setiap penggunaan apps tersebutlah Access Token tercipta. Setiap Access Token akan tersimpan pada server hostingan pembuat aplikasi Facebook.

Kenapa dikatakan Access Token berbahaya ?
Apabila Access Token akun Facebook anda diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka orang tersebut dapat meng-update-kan status Facebook anda, mem-posting link dan dapat pula memasukkan foto/gambar tanpa perlu melakukan login ke akun Facebook anda. Mungkin diantara kita pernah mendengar beberapa kasus pengguna Facebook berurusan dengan pihak Kepolisian bahkan sampai ke depan meja hijau akibat dari status Facebook-nya.
Akun facebook yg telah mengijinkan aplikasi ini untuk mengaccess informasinya,maka si pembuat aplikasi ini akan leluasa meremote akun facebook tersebut.
Bisa sobat bayangkan bagaimana jika kita sudah menguasai akun orang lain..???
Itulah bahaya dari aplikasi ini...!!!

Bagaimana cara menghindari penggunaan Access Token oleh orang yang tidak bertanggung jawab ?Cara untuk menghindarinya cukup mudah yaitu :


1. Masuk ke Pengaturan Privasi Aplikasi Facebook
2. Cari aplikasi Facebook yang mencurigakan, contoh pada demo kali ini
    aplikasinyabernamaACCESS_TOKEN,klik edit (sunting) pada aplikasi tersebut.
3. Di sini ada beberapa pilihan, perhatikan gambar di bawah ini:


ket :
merah : menghapus aplikasi dari akun Facebook Anda (direkomendasikan) 
biru     : menghapus akses aplikasi yang tidak Anda inginkan (pilihan) 
hijau   : mengatur siapa saja yang dapat melihat posting-an dari aplikasi, pilih "Only Me" (pilihan)





Untuk itu bagi sobat garuda yg ingin menggunakan aplikasi ini hendaknya mencari sumber informasinya secara detail,siapa pembuatnya,dan dapat dipertanggung jawabkan atau tidak,apapun bentuk aplikasi itu..baik berupa GAME,IKLAN,DLL yg berhubungan dengan akun facebook.Seperti contoh aplikasi yg ane buat di blog ini semua aplikasi facebook asli buatan ane sendiri.... :)

Demi keamanan dan kenyamanan bersama...Akhir kata,Sekian dan terima kasih, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

Sumber : cyber4rt